PopCash


Kamis, 12 Desember 2013

Cara Menambahkan Kapasitas Memori Penyimpanan Internal Android

Cara yang sederhana untuk menambahkan kapasitas memori penyimpanan internal yang sempit apalagi pada samsung galaxy mini yang mana cuma disediakan sekitar 208 MB untuk /system dan 181 MB untuk /data adalah meyimpannya pada memori card external. Cara ini tidak memindahkan dengan seutuhnya aplikasi kita ke sdcard. Dalvik-cache dan data aplikasi masih tetap bercokol di memori internal tepatnya pada partisi /data. Untuk itu cara yang paling ampuh menambahkan kapasitas penyimpanan memori internal android adalah dengan mengintall Link2SD.
Kita bisa melaluknnya di pengaturan aplikasi seperti gambar dibawah ini.

Menambahkan penyimpanan memori internal dengan Link2SD

Link2SD berfungsi untuk memindahkan (baca: me-link) seluruh aplikasi ke dalam sdcard (baca: memori external). Untuk bisa menggunakan memori external, Link2SD memerlukan 2 partisi primary pada sdcard. Link2SD juga berfungsi untuk memonitor penyimpanan memori internal dan memori external perangkat android anda. Bahkan, Link2SD juga bisa menghapus maupun memindahkan aplikasi bawaan system ke memori card!
Untuk itu mari kita persipkan dulu apa yang dibutuhkan untuk memindahkan aplikasi menggunakan Link2SD:
  • Perangkat yang sudah di-root. Tentu saja disini tidak dijelaskan bagaimana cara me-root android. Tapi saran saya, gunakan framaroot untuk melakukannya.
  • AParted. Aplikasi android berguna untuk mengatur partisi sdcard. Seperti yang kita ketahui Link2SD memerlukan 2 partisi primary pada sdcard untuk bisa me-link aplikasi yang kita inginkan.

Step by step

  1. Download dulu AParted dan LInk2SD di google play store lalu install kalau apk-nya belm terinstall di android anda.
    Kalau sudah terinstall anda bisa melangkah ke step berikutnya.
  2. Buat partisi pada sdcard menggunakan Aparted:
    • Pada tab Konfigurasi, pilih perangkat sdcard anda. Lalu simpan konfigurasi dengan menekan tombol 'Menyimpan'
    • Pada tab Menciptakan, tekan tombol '+' untuk membuat partisi baru.
      Ingat partisi pertama berformat fat32! Partisi pertama adalah tempat penyimpanan data pada sdcard kita, seperti mp3, dokumen, foto, video, dll. Partisi kedua adalah partisi tempat penyimpanan aplikasi external kita.
      Ingat partisi pertama berformat fat32 sedangkan partisi kedua berformat ext, Jangan sampai terbalik! Ada banyak versi ext, yang terbaru adalah ext4. Saya menggunakan ext2 karena format partisi /data dan /system saya juga berformat ext2.
    • Anda bisa menambahkan partisi swap pada partisi yang ketiga. Swap berguna untuk membantu kinerja RAM perangkat android anda. Disarankan untuk mengalokasikan swap 2 kali besar RAM.
    • Kalau sudah yakin dengan kapasitas partisi yang kita ingin buat itu tekan tombol 'Terapkan perubahan'.
    • Hasilnya bisa dilihat di tab Alat.
  3. Buka aplikasi Link2SD. Pertama kita membuka, kita akan disuruh memilih format partisi apa yang akan kita pakai. Pilih ext2 apabila kita tadi membuat partisi ext2 dengan Aparted.
  4. Sekarang anda bebas memilih aplikasi apa saja yang akan dibuatkan link ke sdcard.
    Setelah anda memilih tekan tombol 'Membuat link'. Apabila anda ingin menghilangkan link bisa dengan menekan 'Hilangkan link'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar